Sabtu, 11 April 2015

cara mengobati sariawan secara cepat

cara mengobati sariawan secara cepat

sariawan atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan (stomatitis aftosa) merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan bisa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas para penderitanya terutama pada saat mengunyah dan menelan makanan.  Lalu bagaimana cara mengobatinya? Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengobati penyakit sariawan ? berikut caranya :

Mengunakan air garam

Garam berfungsi untuk menarik air, saat kita berkumur menggunakan air garam luka sariawan akan terikat airnya oleh garam. Hal ini akan empercepat proses pengeringan luka sehingga sariawan dapat segera sembuh. Caranya adalah dengan melarutkan 3 sendok garam di dalam setengah gelas air hangat. Gunakan air itu untuk berkumur beberapa menit. Lakukan secara rutin.

Konsumsi vitamin

Vitamin yang perlu di konsumsi saat sariawan antara lain vitamin B, vitamin C dan zat besi. Kamu bisa makan jeruk untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, namun kandungan terbesar vitamin C sebenarnya tidak pada jeruk tapi vitamin C lebih banyak terdapat pada cabai. Jeruk selain mengandung vitamin C yang bermanfaat, jeruk ternyata juga bisa mencerahkan kulit wajah, penasaran?

Minum yougurt

Yougurt mengandung bakteri yang baik untuk tubuh, minum yougurt dapat membantu menjaga keseimbangan bakkteri di mulut.

Pepaya dan bawang putih

Caranya dengan mengoleskan langsung bawang putih dan pepaya yang sudah di potong pada luka sariawan. Pepaya mempunyai serat yang tinggi dan kandungan vitamin yang tinggi, karena kandungan seratnya pepaya mampu mengatasi sembelit yang menyiksa.

Menggunakan obat sariawan

Kamu juga bisa mengoleskan  1 tetes abothyl ke luka sariawan, caranya kumur terlebih dahulu, ambil kapas atau cotton bud, basahi dengan abothyl lalu oleskan ke luka sariawan, hati – hati karena rasanya sangat perih.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan menggunakan obat. Alaupun sariawan rasanya sangat sakit namun sebisa mungkin jangan minum obat penghilang nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat atau obat penghilang nyeri yang lain. Nyeri sariawan hanya nyeri lokal yang tidak di perlukan pengobatan sistemin dengan meminum obat, selain terlalu banyak bahan kimia tidak baik obat penghilang nyeri juga dapat mengerosi lapisan dinding lambung sehingga akan menyebabkan perut menjadi sakit.

baca juga cara mengobati sakit gigi secara alami

1 komentar: